Basis Yamaha V-ixion coba dirombak demi dapatkan tampilan
gagah ala Ducati Monster. Hasilnya, nampak di motor harian yang dipakai
oleh Duwoh Hasono atau yang biasa disapa Mamad. Pria ini, seorang
pengajar di PAUD Tunas Harapan, Kab. Semarang, Jawa Tengah.
Sebagai seorang guru yang mengajar anak-anak
usia dini, tidak mematikan kreatifitasnya untuk selalu menghasilkan
karya-karya modifikasi. “Disamping mengajar, saya juga membuka bengkel
modifikasi. Dan, motor ini hasil kreasi sendiri,” buka Mamad yang pede
membawanya ke sekolah.
Sebagai maskot bengkel, pengetahuan dan
keahliannya dicurahkan secara maksimal. Sehingga dari sisi kualitas
material dan desain tetap bisa dipertanggungjawabkan. Disamping itu,
motor ini juga dipakai sebagai untuk menarik konsumennya nanti.
Bicara modifikasi, V-ixion ini coba mengacu pada tampilan Ducati
Monster. Terlihat dari desain deltabox yang model teralis dengan
penggembungan di sektor tangki bahan bakar.
“Deltabox dari
V-ixion tetap dipertahankan. Tapi, buat menyamarkan, dikasih kelir
dengan warna hitam serupa dengan rangka,” bebernya.
Selanjutnya, sasis ‘tubular’ baru pun dibuatkan dari bahan pipa
setebal 3 mm. Sedangkan untuk diameternya, dipilih sebesar 2 cm yang
dirasa sudah mewakili tampilan gahar sang Monster.
Untuk penggembungan tangki, agar serasi dan proporsional dari
segi tampilan, fiberglass dipilih untuk melapisi tangki asli. “Kita
lakukan trial and error, karena tidak ada ukuran yang bisa kita gunakan
sebagai acuan. Sehingga, desainnya kita serasikan dengan tampilan
keseluruhan,” jelas lulusan STAIN Salatiga ini.
Sedikit mengalami kesulitan, ketika menentukan komposisi bahan
pembuat fiber untuk mendapatkan kondom tangki yang kuat. “Untuk meramu
serat fiber, memang belum mempunyai pengalaman. Jadi, harus diulang
beberapa kali sehingga hasil yang didapatkan kuat dan tidak mudah
patah,” tambah Lutfi, rekan Mamad yang turut andil dalam proyek ini.
Tampilan
depan sudah mendukung sebagai Monster, berikutnya ubahan pindah ke
sektor belakang. Untuk menonjolkan kesan street fighter, buritan
mengalami pemapasan rangka sehingga motor terlihat lebih padat dan
berisi.
“Untuk rangka belakang, dipotong 20 cm. Lalu, dibuat
sedikit nungging dengan membuatkan dudukan baru untuk footstep
belakang,” urai pria asli Sragen, Jawa Tengah ini.
(motorplus-online.com)
DATA MODIFIKASI
Ban depan: FDR 120/70-17
Ban belakang: Swallow 150/70-17
Setang: Yamaha Byson
Lampu: Custom
Duwoh: 0857-27969111
No comments:
Post a Comment